Kalau dilihat sekilas
memang nampak seperti hasil render biasa (memang hasil render biasa sih). Tapi
jika diamati lagi,
bayangan yang jatuh di lantai dan posisi matahari yang tepat berada di depan sepertinya tidak sesuai. Memang, karena matahari yang ada merupakan efek refleksi dari kaca. Matahari sebenarnya terletak di belakang model, sehingga menghasilkan bayangan dari objek yang berada di belakang model juga.
bayangan yang jatuh di lantai dan posisi matahari yang tepat berada di depan sepertinya tidak sesuai. Memang, karena matahari yang ada merupakan efek refleksi dari kaca. Matahari sebenarnya terletak di belakang model, sehingga menghasilkan bayangan dari objek yang berada di belakang model juga.
Cukup basa basi nya. Langsung
saja masukkan model yang sudah diimport dari sketchup ke lumion, Bagi yang
belum tahu cara mengimport bisa melihat di sini. Kalau mau model yang ada di postingan ini bisa dicari di sketchup 3dwarehouse. Atau bisa juga langsung minta ke saya,haha.
Kemudian material yang
diubah diantaranya terdapat pada kaca. Agar kaca tembus pandang dan juga
memantulkan cahaya maka gunakan material glass. Caranya ..
Agar menghasilkan efek
mengkilap maka refleksi pada objek lantai ditambahkan. Caranya hampir sama
dengan menambahkan material kaca. Bedanya ..
Setting
materialnya usahakan sama seperti di atas. Reflection falloff akan menguatkan
warna material objek. Dan reflection colorize akan menghasilkan warna dari efek
pantulan. Selanjutnya bisa di setting sesuka hati, tapi mungkin sampai tahap
ini akan menghasilkan efek bingung,haha. Ya, karena hasil refleksi kok malah
awan, bukan objek plafon atau lampu hias. Maka dari itu ikuti terus step by
step nya.
Efek
yang dpakai salah satunya adalah lensflare. Lensflare menghasilkan efek silau
jika dihadapkan dengan matahari. Cara memposisikan matahari agar tepat berada
di depan model..
Kalau tidak berhasil
atur saja sun direction dan sun height nya sampai menghasilkan posisi yang sesuai
selera.
Hasilnya ..
Sisanya bisa diutak
atik sendiri, kalau mau mengubah material objek lain misalnya. Kemudian jika
sudah maka model bisa langung dirender. Caranya..
Nah sampai di sini
kita kembali ke step yang membungungkan di atas. Kenapa refleksi pada lantai
malah gambar awan..
Agar objek
terrefleksi dengan sempurna, maka perlu di beri efek lagi di tahap ini. Caranya
..
Sudah terjawab kan
kebingungannya. Mungkin jika yang matanya tidak jeli sampai tahap ini akan
langsung mereka render. Dan menghasilkan rumah tanpa atap,haha.
Selanjutnya jika ingin
menambahkan beberapa efek lagi bisa diutak atik sendiri. Dan kemudian tinggal
pilih ukuran gambar yang akan menjadi ukuran gambar hasil render. Dan selesai, model siap dirender.
0 komentar:
Post a Comment