5:06 AM
0
Setelah berhasil dengan susah payah memposting tugas mingguan Studio Perancangan Arsitektur 2 di jaringan intranet kampus. Kini giliran di posting ke internet. Semoga penyakit lelet waktu posting di kampus nggak kebawa sampai rumah.
Tahap pertama dalam mendesain adalah
programming. Dalam programming terdapat lagi beberapa tahapan sebelum nantinya menghasilkan sebuah problem desain.
Tahap yang pertama yaitu merumusakan tujuan.
Tujuan dari mendesain kinokuniya bookstore ini berasal dari 2 hal, yang pertama adalah dari keinginan klien dan yg kedua dari keinginan brand itu sendiri.


Setelah tujuan didapat, tiba saatnya untuk mencari fakta-fakta yang berada di site.


Site berada di daerah Banjarbaru, dimana masyarakatnya terutama mahasiswa sudah terbiasa dengan fasilitas serba instant. Masyarakat yang seperti ini cenderung tidak menyukai toko buku dan lebih memilih fasilitas internet yang jauh lebih cepat. Fakta seperti akan diantisipasi dengan menarik minat masyarakat melalui kafe.
Dan kemudian kafe diatur sirkulasinya agar orang yang datang tidak Cuma mencari kafe nya, tapi mereka akan diberi pengalaman tentang apa itu toko buku kinokuniya melalui sirkulasi yang tidak langsung menuju kafe.
Kemudian untuk kenyamanan membaca, bookstore yang diposisikan di belakang kafe akan menjadi keuntungan. Tapi akan menjadi masalah untuk kafe, dimana panas matahari di pagi hari akan menyilaukan dan debu, polusi, serta bising yang semakin siang semakin bertambah.


Untuk menanggapi masalah-masalah tersebut, perlu ada sebuah cara khusus. Dalam mendesain kinokuniya ini, untuk mencapai tujuan desain serta mengatasi masalah-masalah yang ada maka “view play” lah yang digunakan sebagai konsep. Konsep ini akan dipakai nantinya sebagai langkah untuk menuju tujuan desain.



Kemudian dari kinokuniya dan kafe nya pasti memiliki kebutuhan tersendiri yang harus dipenuhi.





Setelah semua data dan fakta didapat, konsep sudah ditemukan, maka permasalahan utama pun akan muncul.


Saat masalah utama muncul, maka berakhir lah tahap programmatic dalam design, dan beralih ke tahap schematic yang akan dibahas lebih lengkap di post selanjutnya.

0 komentar:

Post a Comment