Setelah berhasil dengan susah payah memposting tugas mingguan Studio Perancangan Arsitektur 2 di jaringan intranet kampus. Kini giliran di posting ke internet. Semoga penyakit lelet waktu posting di kampus nggak kebawa sampai rumah.
Tahap pertama dalam mendesain adalah
programming. Dalam programming terdapat lagi beberapa tahapan sebelum nantinya menghasilkan sebuah problem desain.
Tahap pertama dalam mendesain adalah
programming. Dalam programming terdapat lagi beberapa tahapan sebelum nantinya menghasilkan sebuah problem desain.
Tahap yang pertama
yaitu merumusakan tujuan.
Tujuan dari mendesain
kinokuniya bookstore ini berasal dari 2 hal, yang pertama adalah dari keinginan
klien dan yg kedua dari keinginan brand itu sendiri.
Setelah tujuan
didapat, tiba saatnya untuk mencari fakta-fakta yang berada di site.
Site berada di daerah
Banjarbaru, dimana masyarakatnya terutama mahasiswa sudah terbiasa dengan
fasilitas serba instant. Masyarakat yang seperti ini cenderung tidak menyukai
toko buku dan lebih memilih fasilitas internet yang jauh lebih cepat. Fakta
seperti akan diantisipasi dengan menarik minat masyarakat melalui kafe.
Dan kemudian kafe
diatur sirkulasinya agar orang yang datang tidak Cuma mencari kafe nya, tapi
mereka akan diberi pengalaman tentang apa itu toko buku kinokuniya melalui
sirkulasi yang tidak langsung menuju kafe.
Kemudian untuk
kenyamanan membaca, bookstore yang diposisikan di belakang kafe akan menjadi
keuntungan. Tapi akan menjadi masalah untuk kafe, dimana panas matahari di pagi
hari akan menyilaukan dan debu, polusi, serta bising yang semakin siang semakin
bertambah.
Untuk menanggapi
masalah-masalah tersebut, perlu ada sebuah cara khusus. Dalam mendesain
kinokuniya ini, untuk mencapai tujuan desain serta mengatasi masalah-masalah
yang ada maka “view play” lah yang digunakan sebagai konsep. Konsep ini akan
dipakai nantinya sebagai langkah untuk menuju tujuan desain.
Kemudian dari
kinokuniya dan kafe nya pasti memiliki kebutuhan tersendiri yang harus
dipenuhi.
Setelah semua data dan
fakta didapat, konsep sudah ditemukan, maka permasalahan utama pun akan muncul.
Saat masalah utama muncul, maka berakhir lah tahap programmatic dalam design, dan beralih ke tahap schematic yang akan dibahas lebih lengkap di post selanjutnya.
0 komentar:
Post a Comment